Jumat, 10 April 2015

Cara Memindahkan Postingan Wordpress ke Blogspot



Bosen dengan wordpress dan pengen hijrah ke blogspot, namun sayang dengan semua postingan yang ada. Postingan yang udah bertahun-tahun, tiba-tiba harus ditinggalkan demi keinginan mencoba yang baru. Yapz, gak perlu takut mau pindah sana sini, dengan membawa asset postingan segitu banyaknya. Gw udah nyoba cara ini, dan Alhamdulillah berhasil. Mau nyoba?? Silahkan dibaca dulu yaaa langkah-langkahnya.

Langkah - Langkah yang harus dilakukan :

  1. Login ke Wordpress (jangan luppa User Id dan Password, karna ini sangatlah penting untuk melanjutkan ke langkah selanjutnya).

  2. Kalo di tempat gw, muncul seperti gambar di bawah ini. Kemudian gw klik "Admin WP" Converter wp to bp by.suzann (1)

  3. Nah, Setelah itu Scroll Down Mouse muncul lah yang seperti gambar di bawah ini lagi. Pilih "Perkakas" Lanjut Ekspor. Karena Ekspor artinya proses transportasi barang atau komoditas dari suatu negara ke negara lain (sumber: wikipedia). Anggap saja,"dari suatu negara ke negera lain" --> "dari wordpress ke blogspot".Converter wp to bp by.suzann (2)

  4. Pilih apa yang mau di ekspor, Semua Isi (mencakup Pos/Halaman/Umpan Balik/etc). Atau mau pilih Pos/Halaman/Umpan Balik. Setelah memilih salah satu (Ex.Semua Isi), klik "Unduh Berkas Ekspor". Converter wp to bp by.suzann (3)

  5. Siapkan Lahan untuk menyimpan berkas. Terserah Mau di Desktop ataupun di Folder, yang penting ingat dimana meletakkannya. Pilih "Simpan Berkas" lalu "Oke". Converter wp to bp by.suzann (4)

  6. Kemudian Klik ini http://wordpress2blogger.appspot.com/.   Pilih "Telusuri" (Ingat-ingat,dimana menyimpan file Ekspor Wordpress tadi). Setelah menemukn file yang dimaksud, pilih "Convert" Converter wp to bp by.suzann (8)

  7. Login ke blogspot. Pastikan sudah mempunyai akun di blogspot.

  8. Setelah masuk ke dalam Dasbor Blogger, Pilih "Setelan" lalu "Lainnya" Converter wp to bp by.suzann (5)

  9. Kemudian Pilih "Impor Blog".
    Impor artinya Proses memasukkan barang atau komoditas dari negara lain ke dalam negeri (sumber : wikipedia). Converter wp to bp by.suzann (6)

  10. Setelah itu pilih "Telusuri" (ingat!! dimana tadi menyimpan file setelah di "CONVERT"). Setelah mendapatkan file convert ekspor wordpress, pastikan klik "Saya bukan robot", jika anda memang benar-benar bukan robot. Jangan luppa beri centang pada kata "Publikasikan semua pos dan laman yang telah diimpor secara otomatis" Kemudian klik "Impor Blog". Ini memerlukan waktu yang tidak begitu lama (tergantung kondisi jaringan).Converter wp to bp by.suzann (7)

Postingan yang ada di wordpress telah berpindah ke blogspot. Selamat Mencoba :)

Jangan Luppa, berikan komentarnya yaaaa jika sudah berhasil.


2 komentar:

  1. Terima kasih postingannya mba susan, :p
    tapi ulun masih setia lawan blogspot nih.. xixi

    BalasHapus
  2. Hahaha...
    Ak jg sdg menjajaki blogspot... 😜

    BalasHapus

tinggal kan pesan/komentar dengan bahasa yang baik dan benar gak ada unsur SARA atopun yg jelek2.. oke ^^