Pengguna Internet Tak Tau INTERNET

by - 1:45:00 AM

Jangan sampe dehhhhhhh .... Pengguna Internet Tak Tau INTERNET

Ngakunya anak gaul, hampir tiap malem internetan. Buka facebook, plurk, twitter, blog, chating. Sampe2 di mana saja selalu update status di facebook. Hingga mau bobo pun harus bersalam2 ria dulu di facebook. Hampir tiap malam, tiap hari, tiap jam, bahkan tiap menit , detik pun gak lepas dari yang namanya INTERNET. Pada intinya gak pernah ABSEN deh dari kata INTERNET.Tapiiiii,,,, sebenarnya tau gak sih para netter (sebutan bagi pengguna internet) pengertian Internet itu sendiri??? Jangan-jangan cuman bisa ngegunain ajha nyh. Ato yang parahnya lagi, ketika di tanya jawabannya hanya cengar-cengir atoooooo melonggooo ... Wahhh … enggak dehhh…

Wokeh, biar gak malu-maluin kamu, kamu dan kamuuuu,,,

D’sini zann bakal nuliz, sedikit, setengah ato banyak mengenai Internet alias dunia kedua alias dunia maya.



Internet berasal dari kata Interconnection Networking yang mempunyai arti hubungan komputer dengan berbagai tipe yang membentuk sistem jaringan yang mencakup seluruh dunia (jaringan komputer global) dengan melalui jalur telekomunikasi seperti telepon, radio link, satelit dan lainnya.

Dalam mengatur integrasi dan komunikasi jaringan komputer ini digunakan protokol yaitu TCP/IP. TCP (Transmission Control Protocol) bertugas memastikan bahwa semua hubungan bekerja dengan benar, sedangkan IP (Internet Protocol) yang mentransmisikan data dari satu komputer ke komputer lain.

TPC/IP secara umum berfungsi memilih rute terbaik transmisi data, memilih rute alternatif jika suatu rute tidak dapat di gunakan, mengatur dan mengirimkan paket-paket pengiriman data.

Untuk dapat ikut serta menggunakan fasilitas Internet, biasanya Anda harus berlangganan ke salah satu ISP (Internet Service Provider) yang ada di kota Anda. ISP ini biasanya disebut penyelenggara jasa internet ataupun Anda dapat menggunakan fasilitas dari Telkom yakni Telkomnet Instan.

Pemakaian/memanfaatkan internet, sangat memungkinkan untuk saling berkomunikasi dan pemakaian bersama informasi dengan cara saling kirim e-mail, menghubungkan ke komputer lain, mengirim dan menerima file, membahas topik tertentu pada newsgroup dan lain-lain.

Fasilitas yang di dapat dalam Internet,

**1
Web, adalah fasilitas hypertext untuk menampilkan data berupa teks, gambar, bunyi, animasi dan data multimedia lainnya, yang diantara data tersebut saling berhubungan satu sama lain. Untuk memudahkan Anda membaca data dan informasi tesebut Anda dapat mempergunakan web browser seperti Internet Explorer ataupun Netscape.

**2
E-Mail (Electronic Mail), dengan fasilitas ini Anda dapat mengirim dan menerima surat elektronik (e-mail) pada/dari pemakai komputer lain yang terhubung di internet, dan dapat menyertakan file sebagai lampiran (attachment).

**3
Newsgroup, fasilitas ini digunakan untuk mendistribusikan artikel, berita, tanggapan, surat, penawaran ataupun file ke pemakai internet lain yang tergabung dengan kelompok diskusi untuk topik tertentu. Dengan fasilitas ini pula Anda dapat melakukan diskusi, seminar ataupun konferensi dengan cara elektronik tanpa terikat waktu, ruang dan tempat.

**4
FTP (File Transfer Protocol), fasilitas ini digunakan untuk menghubungkan ke server computer tertentu dan bila perlu menyalin (download) file yang Anda butuhkan dari server tersebut dan menyimpannya di komputer Anda.

Perlu di ketahui juga, istilah-istilah yang sering digunakan dalam internet ,
**1
WWW (World Wide Web), merupakan kumpulan web server dari seluruh dunia yang berfungsi menyediakan data dan informasi untuk digunakan bersama. Berbagai informasi dapat Anda temukan pada WWW, seperti informasi politik, ekonomi, sosial, budaya, sastra, sejarah, teknologi, pendidikan dan sebagainya. Kita dapat mengumpamakan WWW ini merupakan perputakaan besar yang menyediakan berbagai informasi yang dibutuhkan.

**2
Web Site (Situs Web), merupakan tempat penyimpanan data dan informasi dengan berdasarkan topik tertentu. Diumpamakan situs Web ini adalah sebuah buku yang berisi topik tertentu.

**3
Web Pages (Halaman Web), merupakan sebuah halaman khusus dari situs Web tertentu. Diumpamakan halaman Web ini adalah sebuah halaman khusus buku dari situs Web tertentu.

**4
Homepage, merupakan sampul halaman yang berisi daftar isi atau menu dari sebuah situs Web.

**5
Browser, merupakan program aplikasi yang digunakan untuk memudahkan Anda melakukan navigasi berbagai data dan informasi pada WWW.



You May Also Like

7 komentar

  1. kalau saya mungkin termasuk pengguna INTERNET yg awalnya sama sekali ga tau apa itu INTERNET, taunya tiap hari ngenet / menggunakannya saja ... seiring berjalannya waktu .. dan keadaan yg mengharuskan saya untuk tau .. akhirnya saya bisa mengerti sendiri apa itu INTERNET, meskipun sampai sekarang masih harus terus belajar.

    BalasHapus
  2. Makasih atas info nya dr blog ini rizal bnyk belajar tentang internet

    BalasHapus
  3. Belum belajar ini di kampus???

    BalasHapus
  4. sama kyk syafwan, wid jg lom belajar tentang ini di kampus.... xixixixi :-D
    mksh ilmu na ya suzann..... I like this post....

    BalasHapus
  5. ooo...oo... gitu ya.....heeeemmm.............

    BalasHapus
  6. @ ba nia : makasih ya mba,,,

    @ rizal islami : sama2

    @ syafwan : ah , masa sehh ?? ywdh bljr ajah d'sini ... ^^

    @ ba wid : wahh,,, sama m si syafwan donk. tar dosen na om yul deh ... hehe

    @ om yul : ya ga om??? heuheuheu.. ^^

    BalasHapus
  7. wah betul bgt itu mbak

    btw ko lama ga update?

    BalasHapus

tinggal kan pesan/komentar dengan bahasa yang baik dan benar gak ada unsur SARA atopun yg jelek2.. oke ^^